Student Plan

Saya Anggi Dwi Prayitno, dapat dipanggil Anggi. Saya adalah Mahasiswa baru di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi PGSD. Pendidikan saya dimulai dari SDN Negeri Tempeh lor 02 lulus tahun 2009 ,dilanjutkan di SMP Negeri 1 Tempeh lulus tahun 2012. Sampai saat ini pendidikan terakhir saya di SMK Negeri Tempeh jurusan Multimedia lulus tahun 2015.

Saya adalah putra dari Bapak Eko Marsulap dan Ibu Susiyami. Anak ke 2 dari 3 bersaudara. Saya mempunyai Kakak Andrie Yudi Hartono, beliau sudah berumah tangga dan mempunyai usaha sendiri dan merupakan lulusan STIE Widyagama Manajemen. Adik saya masih bersekolah di SMKN Tempeh jurusan Desain dan Produksi Kria Tekstil kelas 11.

Pengalaman berorganisasi saya di SMK Negeri Tempeh. Pramuka, PMR, dan Pengurus Perpustakaan sekolah sebagai koordinator dalam pembuatan majalah sekolah.

Kekuatan dan kelebihan yang saya miliki yaitu mudah belajar terhadap sesuatu apapun yang terjadi di sekitar seperti belajar dari pengalaman sendiri, orang lain, maupun cerita fiktif yang hanya karangan. Saya sangat bersyukur bisa sangat peka terhadap apa yang terjadi di sekitar, sehingga ketika saya melihat sesuatu yang bermanfaat. Saya bisa meniru kebaikan itu dan menghindari kesalahan yang mereka perbuat.

Selain itu, Saya senang berdoa kepada Allah. Apapun saya meminta kepadaNYA. Karena hanya Dia lah yang maha Mengabulkan. Jika di kemudian hari hal yang saya impikan tersebut terkabul. Saya bersyukur lalu dengan cepat saya menyimpulkan bahwa Allah memilihkan pilihan ini, agar saya bersyukur dan belajar, betul. Tidak berlangsung lama 2-3 hari, saya dapat mengerti kenapa Allah memilihkan pilihan ini dengan alasan tertentu.

Begitu pun juga sebaliknya,  jika yang saya harapkan belum terkabul, saya harus bersabar dan mencari apa yang Allah maksudkan pada pilihan ini, tidak berlangsung lama juga, saya sudah tau alasannya. Kenapa Allah lebih memilih untuk tidak mengabulkannya, semua itu ada alasannya. Sedikitpun saya tidak menyalahkan pilihan yang Allah tetapkan. Saya percaya bahwa pilihanNya adalah yang terbaik bagi saya dan semuannya. Semua nya itu tidak lain hanya untuk melatih rasa syukur dan kesabaran saya dalam menjalani hidup ini.

Disamping itu, saya sangat menyukai belajar dan mengajar, waktu di SMK  saya sering aktif dalam membuat forum belajar kelompok dengan kawan-kawan. Saya diminta untuk mengajari mata pelajaran yang dirasa kawan belum mengerti, saya melihat kawan cocok dengan cara saya mengajar yang tidak terlalu resmi seperti di sekolah dan saya barengi dengan gambar gambar yang yang mudah untuk dimengerti semacam media pembelajaran. Hal tersebut membuat saya ingin untuk selalu berbagi ilmu kapan pun dimanapun dan kepada siapapun.

Kelemahan saya, saya tidak begitu mahir dalam berbahasa Indonesia dan berkomunikasi . Tapi saya yakin dengan saya lebih banyak belajar, saya akan lebih cepat bisa menguasai nya

Pengalaman menarik dan yang tidak menarik yang saya miliki, berawal dari kelas X SMK. Suatu ketika di sekolah kejuruan ini, ada program wirausaha. Siswa siswi diminta untuk menjualkan produk obat nyamuk minimal 1 pack (Rp.2300). Program ini di manage oleh sales obat nyamuk itu sendiri bekerjasama dengan sekolah. Dengan iming-iming mendapat  beasiswa/dana pendidikan yang diberikan jika menjual paling banyak dalam waktu 2 minggu. terbanyak nomor satu senilai Rp.500.000, terbanyak nomor dua mendapat Rp.400.000, begitupun seterusnya. Karena saya ingin membantu kebutuhan sekolah bapak dan ibu di rumah. Saya bersemangat untuk mengikuti kompetisi ini. Hanya dengan 4 hari, saya bisa menjual 4 kardus yang masing masing setiap kardus nya berisi 60 pack.

Saya bersyukur dapat menjual produk tersebut dengan cepat. Sehingga saya optimis dapat memenangkan kompetisi ini.
Setelah saya tunggu-tunggu sekitar 1 bulan. Sales yang kemarin tidak datang kembali. Setelah saya tanya kesana kemari ternyata yang di iming imingi hadiah sejumlah dana itu tidak ada dan tidak pernah ada. Saya kecewa dan menangis dalam hati. Kenapa Sales kok tega berbicara seperti itu, bicara bohong dan menipu semua kawan kawan saya di SMK.

Setelah saya sanggup bangkit dari kegagalan tersebut. saya ikhlas dan menerima apa saja yang ditetapkan Allah kepada saya. Saya ambil hikmah dari kejadian tersebut. karena saya percaya bahwa Allah tau mana yang terbaik.

Tidak berlangsung lama sekitar Dua bulan setelahnya. Saya mendapat kabar dari kawan saya. Bahwa saya lulus seleksi beasiswa dari PUTERA SAMPOERNA FOUNDATION yang sebelumnya saya pernah mengisi formulir pendaftaran beasiswa dan seleksi visitasi/ kunjungan rumah.
Tidak disangka sangka, saya baru sadar dua minggu kemudian, bahwa dana yang saya terima dari beasiswa SAMPOERNA tersebut senilai 5 JUTA Rupiah. Itu 10 kali lipat dari hadiah produk yang dulu pernah menipu saya. Sungguh keajaiban. Karena Rosulullah pernah bersabda “Jika Engkau ikhlas memberi sesuatu kepada orang lain, maka Allah akan menggantikannya dengan 10 kali lipat”

Saya sangat bersyukur dengan pengalaman yang saya alami ini, dan membuat saya selalu ikhlas terhadap pilihan yang Allah tetapkan karena pilihannya selalu yang terbaik bagi saya dan semuanya. Dan Itu merupakan pengalaman penuh dengan keajaiban yang akan selalu saya share kepada siapapun dan saya ingin katakan kepada mereka bahwa Allah itu ada dan selalu ada untuk Makhluk nya.

Prestasi yang pernah diraih
o Juara 1 Cerdas Cermat Tingkat sekolah
o Juara 3 Kompetisi fotografi Tingkat sekolah
o Penghargaan Matematika terbaik Ujian Nasional SMKN Tempeh
o Penghargaan Nilai terbaik Ujian Nasional SMKN Tempeh


Cita-cita
Saya bercita cita ingin membahagiakan orang tua, terlalu banyak saya merepotkan bapak dan ibu di rumah. Sekarang, saya disini sendiri tanpa rasa sayang seperti dulu lagi. Saya berikrar bahwa saya tidak akan melukai hati orang tua lagi dengan selalu bersemangat dalam mengejar prestasi disini. Saya ingin menjadi Guru dan Dosen, agar orang tua saya bangga anaknya tidak seperti mereka dulu yang susah sekolah. Semua aku persembahkan hanya untuk orang tua tercinta.



Posting Komentar